• Kategori

  • Mamereng Tanggal Da

    Januari 2008
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Download Software Gratis

  • Jumlah Pengujung sugara's weblog

    • 63,847 hits
  • Foto Robby Sugara Silaen

    Robby Ganteng

    pas photo

    Cross Countri

    Lebih Banyak Foto
  • SILSILAHKU

    - RAJA IHATMANISIA - RAJA MOKMOK - ENGBANUA - RAJA BONANGBONANG - RAJA BATAK - RAJA ISOMBAON - TUAN SORIMANGARAJA - INA-III (ISTRI KE3) - TUAN SORBANIBANUA - NAI ANTING MALELA - TUAN SIHUBUL/br. PASARIBU - RAJA TAMPUKNABOLON/br. SITORUS - RAJA MATANIARI/br. SIAHAAN HINALANG - SODDI RAJA/br. TORUS BOLTOK - O. SUMINDAR(I) - NAMORA RAJA - O. SUMINDAR (II) - O. SIHARONDA/br. SAMOSIR - O. BAHAL/br JUNTAK - K. K. JAIRUS - O.TONGGI - PARHATA SAUT/br. PANJAITAN - O. SAUT(JONATHAN SILAEN/br. PARDOSI) O. SAUT MEMPUNYAI ANAK 9 ORANG - O. RAMSES (MANUEL SILAEN/br. SIMANJUNTAK) - MUDA - MONANG - HULLING - SUMAN - NIRMALA - TIRAMAN br. SILAEN - GOLKARIA br. SILAEN - ZEIN br. SILAEN O. RAMSE(MANUAEL SILAEN/br. SIMANJUNTAK) MEMPUNYAI ANAK 7 ORANG : - TIMUR SILAEN/br. SIMANJUNTAK(A. RAMSES) - O. RICKY br. SILAEN - JONSON SILAEN/br. PARDEDE (A. RONAL) - BAKTIAR/br. SIJABAT (A. ROMA) - NAI HOTBEN br. SILAEN - NAI SISKA br. SILAEN - RAMLI SILAEN/br. SITANGGANG (A. KERI) A. ROMA(BAKTIAR SILAEN/br. SILAEN) MEMPUNYAI ANAK 6 ORANG : - ROMA br. SILAEN (MARGA SIMATUPANG) - RAYMOND SILAEN - ROSSI MUSTIKA SILAEN - ROBBY SUGARA SILAEN (ROSOFT_SILAEN) - RANI ASIMA SILAEN - RUBA SILAEN DIBUAT OLEH ROBBY SUGARA SILAEN (SUDDUT 15) dikutip dari Taromo Op. Siharonda yang dibuat oleh Jonathan Silaen/br. PARDOSI (Op. Saut)

MENEMPA DIRI DI BANGKU PERGURUAN TINGGI

 Duduk di bangku perguruan tinggi seringkali menuntut mahasiswa yang baru masuk mengubah atau “memodifikasi” pola dan cara belajar yang dilakoni di jenjang pendidikan sebelumnya. Hal ini wajar karena di bangku perguruan tinggi seseorang dianggap telah mencapai taraf kedewasaan sehingga secara otomatis ia pun dinilai mampu untuk mandiri – khususnya dalam memenuhi rasa ingin tahu akan pengetahuan. Oleh karena itu, demi mencapai kematangan dalam ilmu pengetahuan serta memiliki wawasan yang lebih luas, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. 

Tuntutan untuk lebih banyak meluangkan waktu membaca tentu menjadi hal yang tidak dapat dielakkan dalam aktivitas belajar seorang mahasiswa. Pasalnya, berbeda dengan sekolah lanjutan – seperti SMP, SMU dan yang sederajat – yang umumnya hanya mewajibkan satu atau beberapa buku bacaan untuk setiap mata pelajaran, di perguruan tinggi untuk satu mata kuliah saja ada banyak bahan bacaan yang perlu dibaca dan dicerna.

Selain buku-buku bacaan wajib dan buku atau bahan bacaan yang dianjurkan, mahasiswa juga sebaiknya “menyantap” buku atau bahan bacaan yang relevan dengan bidang studi yang tengah dipelajari demi pengayaan diri akan ilmu pengetahuan, jadi tidak hanya mengandalkan dari dosen pengajar.

Bukan hanya dari buku, diktat, modul, atau bahan perkuliahan yang lain, informasi dari media massa seperti surat kabar, majalah, radio, dan televisi juga bisa menjadi sumber untuk memperkaya pengetahuan dan membuka wawasan yang lebih luas perkembangan yang terjadi di dunia sekitar.

 MENGEMBANGKAN BAKAT DAN HOBI 

Selain datang tepat waktu dan duduk di tempat yang dirasakan paling nyaman, tetap menjaga konsentrasi menjadi hal lain yang patut dilakukan saat mengikuti perkuliahan. Dan hendaknya untuk tidak menjadi pendengar pasif yang hanya menerima apa yang diutarakan oleh dosen pengajar. Dengan pengetahuan yang dimiliki, setiap mahasiswa hendaknya mengkritisi materi yang disampaikan jika ada yang berbeda dengan pandangan atau kenyataan yang pernah dihadapi. Cara ini memungkinkan proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan lebih optimal.

Selama kuliah berlangsung jangan hanya mencatat apa yang dikatakan dosen, tapi berusahalah untuk mengerti inti dari materi perkuliahan. Cukup tulis beberapa poin penting dari materi secara sistematis dengan kata-kata kunci yang bisa memancing ingatan akan materi – usahakan untuk menggunakan buku khusus untuk menulis poin-poin tersebut di atas agar nanti tidak tercecer saat membutuhkannya.

Dan demi meningkatkan pemahaman akan materi, sebaiknya catatan berisi poin-poin perkuliahan disalin ulang di hari yang sama dalam buku tersendiri karena daya ingat tentu masih kuat ketimbang dua atau tiga hari kemudian. Di sini bisa ditulis secara lebih mendetil materi perkuliahan. Dengan menulis ulang, secara otomatis orang akan menelaah atau mengulang kembali isi materi sehingga pemahamannya pun menjadi lebih mantap.

Selain kegiatan belajar – mengajar di ruang kelas yang ditujukan untuk mendongkrak sisi kognitif, seorang mahasiswa juga sebaiknya turut aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, atau unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM). Selain menambah pengalaman berorganisasi, pengembangan kepribadian serta pembangunan karakter menjadi hal yang bisa didapat lewat kegiatan-kegiatan seperti yang tersebut di atas. Apalagi jika kegiatan tersebut mampu mengakomodasi dan menyalurkan bakat dan minat.

Sesuai dengan fungsinya, yaitu menjadi suatu wadah yang terbentuk atas dorongan para mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang tertentu, maka jenis kegiatan ini sendiri pun berkembang dan bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Ada UKM yang muncul karena inisiatif dari pihak universitas, ada pula yang terbentuk justru karena dorongan dari mahasiswa. Tak heran jika sekarang ini bidang yang menjadi fokus UKM menjadi demikian beragam. Dengan demikian mahasiswa tinggal memilih mana yang paling tepat untuk dirinya.

Dengan padatnya aktivitas seperti di atas, pembagian waktu tentunya menjadi hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata karena masing-masing kegiatan harus mendapat porsi yang tepat. Jangan sampai aktivitas berorganisasi malah mengganggu studi dan sebaliknya kehidupan di dalam kampus sebaiknya tidak melulu harus diisi aktivitas belajar.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam membagi waktu belajar, berorganisasi, dan bersantai adalah aturan-aturan akademik yang berlaku dan bobot mata kuliah yang diambil dalam satu semester. Kalau ada mata kuliah yang dirasakan berat, sebaiknya mengurangi kegiatan-kegiatan di luar karena bagaimanapun kuliah menjadi tujuan yang utama bukan?

Dalam menjalani masa-masa kuliah rasa jenuh tentu muncul, terlebih ketika tugas-tugas atau materi kuliah yang berat. Kalau sudah begini, cobalah untuk beristirahat sejenak, memanjakan diri, atau melakukan sedikit evaluasi untuk kemudian kembali dan mengambil langkah-langkah baru.

Akan halnya dengan suasana belajar, buatlah tempat senyaman mungkin di rumah atau di kamar untuk belajar lengkap dengan perangkat-perangkat pendukungnya.

 Tambahan : Dibutuhkan strategi belajar yang tepat untuk sukses diperguruan tinggi. Selain itu,  banyak aktivitas pendukung juga membantu mengoptimalkan studi.source : Kompas, Selasa, 5 Juni 2007

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: